Selamat Datang Di Website Resmi Desa Bumiroso Kecamatan Watumalang Kabupaten Wonosobo Provinsi Jawa Tengah - Desa Penggiat Perpustakaan Terbaik Kabupaten Wonosobo Tahun 2022 - Desa Informatif & Inovatif Kategori Media Sosial Desa Terbaik Kabupaten Wonosobo Tahun 2022 - Desa Sentra Industri Tahu Tempe

Artikel

Siap Bertugas! 70 KPPS Desa Bumiroso dilantik

25 Januari 2024 13:07:00  KHOIRUL UMAM  66 Kali Dibaca  Berita Desa

Bumiroso, PPID Bumiroso -- Bertempat di Balai Desa Bumiroso sebanyak 70 orang calon KPPS Desa Bumiroso melaksanakan pengambilan sumpah dan resmi dilantik menjadi KPPS. (25/01/2024).

70 orang KPPS yang didominasi lebih dari 50% perempuan dan dilantik hari ini siap bertugas di wilayah Desa Bumiroso yang tersebar dalam 10 lokasi TPS. TPS 1 dan 2 berada di Dusun Drewel, TPS 3, 4, 5 dan 6 di Dusun Bumiroso, TPS 7 dan 8 di Dusun Siwatu serta TPS 9 dan 10 berada di Dusun Kemiri.

Pengambilan sumpah dan pelantikan dipimpin langsung oleh Ketua PPS Desa Bumiroso, Ahmad Sholeh Khafifi. Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Desa Bumiroso Sumardin, SE., Sekretariat PPS Desa Bumiroso, Bhabinkamtibmas Briptu Gangsar Prakoso, Panitia Pengawas Kecamatan, Pengawas Kelurahan/Desa wilayah kerja Desa Bumiroso.

Kepala Desa Bumiroso Sumardin, SE dalam sambutannya menyampaikan bahwa atas nama Pemerintah Desa Bumiroso berharap agar Anggota KPPS dalam bekerja berpedoman kepada ketentuan perundang-undangan, kode etik penyelenggara pemilu, bekerja secara profesional, berintegritas, bertanggung jawab dan transparan. Demikian juga Anggota KPPS agar bekerja dengan niat kuat untuk meningkatkan kualitas layanan kepada pemilih untuk dapat menggunakan hak pilihnya pada kegiatan pemungutan suara dan penghitungan suara di TPS. 

"Saya berharap agar anggota KPPS bekerja secara profesional, tidak tergiur dengan tawaran-tawaran yang bisa mengganggu kinerja KPPS, dan yang paling penting adalah bekerja sesuai aturan dan ketentuan perundang-undangan, sebagaimana yang tertuang dalam Pakta Integritas yang tadi dibacakan", kata Sumardin.

Ahmad Soleh Khafifi, Ketua PPS Desa Bumiroso menyampaikan dalam sambutannya bahwa tugas KPPS dalam melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara di TPS salah satunya adalah dalam rangka mewujudkan kedaulatan pemilih, melayani pemilih menggunakan hak pemilih, memberikan akses dan layanan kepada pemilih disabilitas dalam memberikan hak pilihnya.

Pelaksanaan tugas di atas, perlu diwujudkan dengan transparansi, tidak memihak, tingkat akurasi yang tinggi dan bertanggung jawab sehingga dapat terwujud nilai-nilai demokrasi yang dapat dibanggakan.

"Dalam menjalankan tugasnya, KPPS harus mematuhi kode etik yang berlaku, KPPS tunduk dan patuh dengan kode etik penyelenggara Pemilu yang tertuang dalam Peraturan Bersama KPU, BAWASLU dan DKPP No. 13 Tahun 2012, No. 11/2012, dan No. 01/ 2012 yang pada pokoknya berisi asas mandiri dan adil, kepastian hukum, jujur, keterbukaan,dan akuntabilitas, kepentingan umum, proporsionalitas profesionalitas, efisiensi,dan efektivitas dan asas tertib", kata Khafifi. 

PPS Desa Bumiroso berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan kepada pemilih pada kegiatan pemungutan suara dan penghitungan suara. Hal ini ditunjukkan dengan memberikan bimbingan teknis kepada semua 7 orang Anggota KPPS, yang berbeda dengan pemilu-pemilu sebelumnya yang hanya memberikan bimbingan teknis hanya kepada 1 orang Anggota KPPS.

Perlu diketahui bahwa KPPS mempunyai peran yang sangat penting sebagai Penyelenggara Pemilu, sebagaimana diatur dalam Undang undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum. Salah satu tugas KPPS adalah melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Pada hari ini, Kamis, tanggal 25 Januari 2024, dilakukan pelantikan KPPS sebanyak 5.741.127 orang untuk 820.161 TPS. Lokasi pelantikan KPPS tersebar pada 71.000 titik. Acara pelantikan KPPS Pemilu ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Jadwal penetapan dan pelantikan anggota KPPS tertuang dalam Keputusan KPU Nomor 1669 Tahun 2023.

Pelantikan pada hari ini juga ditandai dengan penanaman 5.709.898 bibit pohon secara serentak di lokasi pelantikan. KPU menyadari dengan tercetak banyaknya logistik Pemilu berbahan baku kertas, memberikan dampak signifikan terhadap kelestarian alam. KPU memandang pentingnya penanaman bibit pohon sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan. (um)

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 TV Desa Bumiroso

Apresiasi KIP Kab. Wonosobo Tahun 2022 (Desa Informatif dan Inovatif-Media Sosial Desa Terbaik)

 Selayang Pandang Perpustakaan Wijaya Kusuma

video lainnya di: https://www.youtube.com/@tvdesabumiroso/

 Media Sosial

 Statistik

 Arsip Artikel

 Agenda

 Aparatur Desa

Back Next

 Komentar

 Peta Desa

 Peta Lokasi Kantor

 Sinergi Program

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:130
    Kemarin:89
    Total Pengunjung:19.681
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.210.77.73
    Browser:Tidak ditemukan